Sabtu, 15 Januari 2011

Siapa suruh jadi guru (Seri 2)

Tulisan ini merupakan lanjutan dari  Seri sebelumnya.  Sekitar tahun 2003, saya dipertemukan dengan sesorang yang sehobi dengan saya yaitu beternak ayam.  Kebetulan waktu itu, ayam arab saya sedang banyak-banyaknya.  Orang dari mana-mana datang ke tempat saya untuk sekedar melihat-lihat dan banyak juga yang membeli.  Nah, beliau datang ke tempat saya untuk membeli ayam arab.  Belakangan kemudian saya mengetahui bahwa beliau adalah Kepala MTs Darul Ishlah, Desa Gentinggunung, Sukorejo Kendal, namanya Munajat, S.Ag.

Beliau kemudian membeli beberapa ekor ayam arab dari saya.  Setelah itu kemudian mengobrol dan sempat bertanya pada saya, "Kamu dulu lulusan apa, lief ?".  Saya jawab, "Wah, dulu saya tak bersekolah".  "Wah, ngapusi (bohong) kamu," lanjutnya.  Kemudian saya mengaku bahwa dulu saya alumni IPB Fakultas Kehutanan.   Baca selengkapnya...


Terus beliau meneruskan." Ya sudah, ngajar saja di sekolah saya, mau tidak ?".  Saya saat itu tidak menjanjikan apa-apa, bahkan cenderung ogah-ogahan menerima tawarannya.  Pikir saya, "Apa sih enaknya jadi guru?".  "Ya deh, saya pikir-pikir dulu pak...?", tukas saya.  "Pokoknya saya tunggu ya di sekolahan, kamu lihat-lihat dulu saja sekolahannya", kata beliau akhirnya.  "Ya pak, coba deh nanti".  Singkat cerita, kemudian beliau pulang.

Sepulangnya beliau, saya sama sekali tidak kepikiran tuh dan tidak tertarik sama sekali atas penawaran beliau untuk menjadi guru.  Saya terlalu sibuk dengan ayam-ayam saya.  Pagi kasih makan, siang mengontrol, cari pakan, sore ke kandang lagi ngasih makan lagi, kadang-kadang lihat tanaman di sawah.  Itu kerjaan saya dulu setiap hari.

Tiba-tiba selang beberapa bulan kemudian, dia datang lagi.  Rupanya ayam arab yang dulu beli sama saya sekarang sudah besar dan dia mau nambah lagi.  Karena sudah akrab, saya kasih aja dia bonus ayam...itung-itung amal hehe...Eeehhh, trus dia nanya lagi, "Gimana lief, kok saya tunggu-tunggu di sekolahan, kamu tidak muncul?".  "Wah maaf pak, saya belum ada waktu"' jawab saya.  "Insya ALLAH deh kalau ada waktu saya mampir ke sekolahan anda".  "Betul ya, mampir lho, kan jalan saja dari sini bisa, kalau belum tahu letak desa gentinggunung ya kamu minta bantuan orang sini untuk menunjukkan letaknya", lanjut beliau.  Kemudian beliau pulang.

Lagi-lagi, saya belum ada tuh kepikiran untuk berkunjung ke sekolahan beliau, habis emang tidak ada niat kali ya jadi guru...hehe...Sampai kemudian ada peristiwa yang kebetulan terjadi dan sampai sekarang terus saya ingat dan tidak akan lupa sampai kapanpun.  Begini ceritanya...

Waktu itu masih tahun 2003, seperti biasa saya siang hari pergi ke pasar kecamatan Sukorejo untuk membeli konsentrat petelur untuk ayam arab saya.  Karena waktu solat zuhur sudah hampir masuk, saya ke masjid dekat pasar dulu deh untuk menunaikan solat, baru nanti ke toko pakan ternak ayam.  Setelah solat zuhur, saya keluar masjid.  Tiba-tiba ada orang yang memanggil nama saya, "Lief-lief sini !".  Saya menengok untuk sekedar mencari sumber suara.  Ohhh...itu dia, diluar masjid sana dekat parkiran sepeda motor.  Ternyata, pak Munajat, Kepala MTs itu yang beberapa kali menyuruh saya datang ke sekolahnya.  "Bagaimana kok belum jadi ke sekolah saya, kapan?", tanya beliau.  Saya agak kaget dan malu juga sebenarnya ketemu beliau di masjid pasar.  Gak nyangka gitu, malunya saya sudah berjanji datang ke sekolahnya, tapi belum sempat juga.  Karena sudah terlanjur malu, akhirnya langsung saja saya jawab, "Ya deh pak, besok ya".  Setelah itu kami berpisah, beliau pulang dan saya membeli pakan ternak.

Keesokan harinya, karena saya sudah berjanji pada beliau (dengan terpaksa...hehe...), saya mencari teman di desa saya untuk menemani saya dan menunjukkan letak sekolah beliau, maklum saya kan bukan asli penduduk desa tlogopayung.  Jadi kalau mau ke sekolah beliau (di desa Gentinggunung) harus melewati tegalan dan kebun-kebun milik petani, salah-salah bisa nyasar...hehe...

Singkat cerita, saya meminta bantuan Samadi (yang kemudian hari menjadi murid saya Paket C), pemuda asli desa Tlogopayung untuk menujukkan jalan ke desa gentinggunung (letak MTs Darul Ishlah).  Wah...ternyata jalan menuju sekolah itu cukup jauh juga, apalagi jalannya nanjak terus, capek bikin pegal-pegal kaki, bener lho...Mungkin ada kali sekitar 8 km.  Melewati kebun, tebing dan lahan masyarakat, melewati desa dan dusun dengan jalan tanah sebagian berbatu, pokoknya capek nian deh. Kami berangkat kalau nggak salah pukul 09.00 WIB, sampai di sekolah beliau sekitar pukul 10.30 (jalan santai).

Singkat cerita, akhirnya kami sampailah juga.  Ya ampuuun, ternyata sekolahnya jauh dari bayangan saya.  Maklum ya karena sekolah desa, letaknya di lereng gunung (gunung Prau), betul-betul kondisinya menurut saya memprihatinkan.  Sebagian sekolah masih berdinding bambu, walau ada juga ruang kelas yang sudah bertembok, tapi ruangannya jauh dari standar karena sempit dan jika kita mengajar maka suara kita di kelas yang satu bisa terdengar di kelas sebelahnya.

Insya ALLAH sambung di Seri 3 ya...

1 komentar:

  1. terimakasih tips nya ya, sangat bermanfaat :)

    semoga anak muda indonesia punya semangat yang tak pernah putus serta harapan yang tak pernah hilang dalam mewujudkan impian dan cita-cita nya, selain menikmati kemudahan yang di berikan oleh pemerintah, yuk coba pahami Tips cerdas menggunakan KJP supaya kita tidak keliru dalam menggunakannya :)

    BalasHapus